oleh

Unsri Buka Penerimaan Jalur Mandiri 2024, Prodi Kedokteran Masih Tinggi Peminat

SUMSELKITA.COM,Palembang – Universitas Sriwijaya (Unsri) mulai membuka penerimaan jalur mandiri 2024 tanggal 13 Juni pada pukul 15:00 WIB. Penerimaan jalur mandiri dibuka setelah Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) selesai.

Hal tersebut dikatakan oleh Rektor Unsri Taufiq Marwa di Universitas Sriwijaya Bukit, Senin (13/6/2024).

“Jalur mandiri mulai dibuka hari ini (13/6/2024), sampai tanggal 21 Juni,” katanya.

Penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri 2024 Unsri termasuk dalam Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB) dan proses pendaftaran bisa diakses secara online lewat website resmi Unsri di https://usmb.unsri.ac.id/Main/pendaftaran.

“Peminat pendaftar untuk program studi eksakta masih dari fakultas kedokteran kemudian untuk sosial itu manajemen,” bebernya.

Total program studi (prodi) dari masing-masing fakultas di Unsri berjumlah 61 prodi dengan minat pendaftar calon mahasiswa tertinggi ada 2.257 calon mahasiswa pemilih prodi kedokteran dan 1.944 calon mahsiswa pemilih prodi manajemen.

Jumlah tersebut berdasarkan pendaftar Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dari pendaftaran dua gelombang sejak April-Mei 2024 dan pengumuman kelulusan berlangsung 13 Juni.

“Jadi hari ini pengumuman untuk jalur SNBT lewat UTBK (Ujian tertulis Berbasis Komputer) dari 21 ribu pendaftar dengan kuota penerimaan dari masing-masing gelombang 4 ribuan atau menerima keseluruhan 8 ribu mahasiswa baru,” jelasnya.

Bagi pendaftar SNBT Unsri tahun 2024 yang tidak lulus, calon mahasiswa bisa langsung mendaftar jalur mandiri yang pelaksanaan tes berlangsung di Kampus Indralaya mulai 23-26 Juni 2024.

Kemudian pengumuman penerimaan untuk jalur mandiri dijadwalkan tanggal 8 Juli 2024 pukul 15:00 WIB. Total kuota mahasiswa baru yang diterima Unsri dari seluruh jalur untuk tahun ini mencapai 8.690 kursi.

Kuota tersebut berasal dari penerimaan daya tampung sebanyak 1.738 dari jalur undangan atau SNBP yang diterima 20 persen, jalur SNBT sebanyak 4.345 minimal 50 persen dan selebihnya kuota dari jalur mandiri diterima 2.607 kuota.

“Yang d terima segera melakuka registrasi ulang kemudian yang blum diterima, masoh ada kesempatan untuk kuliah di perguruan tinggi negeri khususnya Unsri melalui jalur mandiri,” pungkasnya.