oleh

Ratu Dewa Bersinergi Turunkan Angka Penganguran Di Kota Palembang

SUMSELKITA.COM,Palembang – Melalui tema bersinergi berkolaborasi menurunkan angka pengaguran, Pemerintah kota Palembang bersama Dinas ketenagakerjaan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengadu nasib memiliki pekerjaan. Sebanyak 40 perusahaan yang telah bekersama dengan Pemkot Palembang ini membuka 3000 lowongan pekerjaan.

Menurut Sekertaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa Tingkat Pengangguran Terbuka Kota Palembang sejatinya terus mengalami penurunan setiap tahunnya, hal ini merupakan hasil kerja keras Pemerintah Kota Palembang dan juga stakeholders terkait.

Berbagai Upaya dilakukan oleh Kota Palembang dalam rangka menurun kanangka pengangguran di Kota Palembang, antara lain:
a. PelatihanKerja (Teknik Las, Listrik, Otomotif, Menjahir dan Desain Grafis), target 144 orang;
b. Magang Kerjake Jepang dengan target pemagangan sebanyak 1.000 orang; dan
c. Job Fair atau Pameran Kesempatan Kerja yang dilakukan pada hari ini, target lowongan pekerjaan sendiri mencapai 5.000 lowongan pekerjaan dengan 10.000 target pencarikerja.

“Kita akan berusaha dalam menurunkan angka pengaguran di kota Palembang, pada kesempata ditahun 2024 ada 40 perusahaan dan 3000 lowongan pekerjaan yang disediakan. Maka dari itu saya sangat memberikan apresiasi kepada Dinas ketenagakerjaan bersama tim dalam upaya menurunkan angka pekerjaan. Selain itu juga hubungan bilateral dengan negara-negara lain juga memberikan kesempatan bekerja diluar negeri seperti jepang, Australia dan Koera,”jelasnya senin (24/6) di golden Sriwijaya.

Tidak hanya itu, kolaborasi bersama dinas serta OPD terkait menyediakan unit pelayanan seperti menyediakan pembutan KTP, KK untuk mempermudah proses para pencari kerja. Jadi mereka tidak usa lagi mendatangi OPD terkait dalam kepengurusan berkas mereka.

“Tadi bersama Kadin Disnaker mengelilingi stan ada beberapa bank seperti BNI dan perusahaan lain menerima banyak lowongan pekerjaan. Ini sangat menjanjikan sekali,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Rediayan Deddy Umrien menambahkan tahun 2024 pelamar pekerjaan sebanyak 3.450 namun dari seluruh SDM ini kan dinilai oleh perusahan sesuai kreteria mereka.

“Dalam hal ini juga kami terus berupaya meningkatkan kwalitas SDM yang ada di kota Palembang dengan mengikuti berbagai macam pelatihan yang disediakan oleh disnakar kota Palembang sebagai bekal mereka.

Mengenai tenaga kerja kita untuk magang di negara Jepang ini terus bertambah grafiknya.

“Prinsipnya negara jepang menilai untuk bekerja seperti yang dikatakan Pak Sekda adalah bekerja dengan disiplin dan semangat. Untuk para pencari kerja yang sudah diterima pada tahun 2023, mencapai angka 50 persen sudah bekeja,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed