oleh

Langsung Dilatih Oleh Babinsa Koramil Kodim 0418 Palembang,Warga Talang Jambe Gelar Upacara

SUMSELKITA.COM,Palembang – Warga Palembang di RT 20 Talang Jambe merayakan hari Kemerdekaan Indonesia dengan cara berbeda. Biasanya, momen 17-an kerap digelar dengan beragam perlombaan masyarakat. Kali ini, mereka menunjukkan rasa nasionalisme dengan mengadakan upacara di area kampung.

Inisiatif upacara terwujud dari kerjasama dan kekeluargaan warga RW 06. Apalagi peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 di Talang Jambe memang selalu ramai kegiatan positif. Masyarakat juga gotong royong menyiapkan agenda kemerdekaan.

“Upacara HUT RI ke 79 tahun ini yang pertama di Talang Jambe. Antusias warga untuk ikut upacara sangat ramai,” ujar Agus Kurniawan selaku ketua RT 20 Talang Jambe, Sabtu (17/08/204).

Pelaksanaan upacara yang digelar sekitar pukul 08:30 WIB, dipimpin langsung Komandan Sersan Kepala, Mulyadi Zaki dari Babinsa Koramil 07 Sukarami Kodim 0418 Palembang dan Inspektur upacara diwakili oleh Sekretaris Kelurahan (Seklur) Talang Jambe, Undian Firman.

“Kegiatan ini jadi simbol kebersamaan dan penghormatan terhadap jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan,” timpal dia.

Hal menarik dari upacara di Talang Jambe adalah semua warga kompak berlatih upacara dengan waktu singkat. Mereka hanya butuh satu hari untuk menyiapkan segala hal merayakan momen Kemerdekaan Indonesia.

“Yang melatih mulai dari pembawa bendera, pembaca teks proklamasi, semua dilatih langsung oleh Babinsa Koramil 07 Sukarami Kodim 0418, yakni Sersan Kepala Mulyadi Zaki. Saya dan warga Talang Jambe mengucapkan terimakasih telah melatih warga kami. Kami semua hanya latihan sehari sebelum tanggal 17,” tutur dia.

Komandan Sersan Kepala, Mulyadi Zaki menambahkan, ketika dihubungi Ketua RT untuk membina upacara warga Talang Jambe, ia langsung menerima intruksi, karena kegiatan ini merupakan bentuk bela negara dari masyarakat.

“Saya langsung siap. Ini merupakan gebrakan baru, saya pikir warga tersebut talang jambe hebat telah berani untuk upacara sendiri. Insyaallah tahun depan akan lebih meriah lagi dan lebih baik lagi,” ungkapnya.

Seklur Talang Jambe, Undian Firman menambahkan, sebelum upacara HUT RI diadakan, ia juga menghimbau semua warga untuk mengikuti rangkaian perayaan kemerdekaan sebagai bentuk syukur dan simbol kerukunan, damai antar tetangga.

“Upacara ini menjadi momen refleksi bersama, mengingatkan setiap orang akan pentingnya menjaga dan melanjutkan cita-cita kemerdekaan di kehidupan sehari-hari, serta melestarikan tradisi dan budaya sebagai identitas bangsa,” tutup dia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed