oleh

Bersama Pertamina, Oca Tresia Wujudkan Pendidikan Anak-Anak Rusun 26 Ilir Palembang Melalui Program Kampung Literasi

SUMSELKITA.COM,Palembang – Pertamina percaya, melangkah maju tidak bisa dilakukan sendiri. Seperti energi yang terus bergerak membawa perubahan untuk sekitarnya, Pertamina pun berkomitmen untuk melakukan perubahan yang lebih baik bersama para pioneer, inisiator, dan pembawa perubahan. Mereka adalah para Local Hero, yang bersama-sama dengan Pertamina, membawa perubahan positif bagi lingkungan dan masyarakat.

Banyak Local Hero yang telah berkolaborasi dengan Pertamina, membawa perubahan signifikan bagi lingkungan dan masyarakat di sekitarnya. Salah satunya Oca Tresia, seorang Local Hero yang berkiprah pada bidang sosial dan pendidikan bersama Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel melalui Integrated Terminal (IT) Palembang dalam Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Oca Tresia adalah seorang pionir dan pembawa perubahan besar bagi lingkungan Rumah Susun (Rusun) 26 Ilir Kota Palembang, khususnya memberikan naungan bagi anak-anak putus sekolah dan masyarakat dengan perekonomian lemah. Oca menciptakan Program Kampung Literasi 26 Ilir dan berhasil membuat 60 anak putus sekolah merasakan bangku pendidikan melalui inovasi yang dibangunnya.

Inovasi yang dilakukan Oca tidak luput dari keprihatinan melihat kondisi lingkungan Rusun yang dipandang sebelah mata dan memiliki citra negatif di mata masyarakat luas. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya karena minimnya literasi dari kalangan anak-anak sampai orang tua. Dengan tekad kuat, Oca mendirikan Kampung Literasi 20 Ilir sebagai pusat belajar yang memberikan kesempatan bagi anak-anak dan orang tua untuk meningkatkan pengetahuan dan membawa perubahan untuk hidup mereka.

Melihat kegigihan Oca dalam menyokong pendidikan anak-anak putus sekolah, membuat Pertamina tergerak memberikan perhatian dengan mendirikan fasilitas literasi dan bantuan senilai Rp 160 juta. Melalui langkah ini, Pertamina menunjukkan komitmen nyata dengan memberikan akses dan peluang belajar yang lebih baik bagi anak-anak yang sebelumnya kehilangan kesempatan untuk meraih pendidikan.

Oca mengungkapkan, atas dukungan Pertamina dalam perjalanan program ini, sebanyak 20 anak putus sekolah telah berhasil mendapatkan ijazah baik pada tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Saya berharap program ini akan terus berkembang, melahirkan generasi penerus bangsa yang berkualitas, menghilangkan citra negatif dari masyarakat terhada Rusun, serta mampu mengubah masa depan mereka menjadi lebih baik,” ungkap Oca.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan mengatakan Pertamina terus berkomitmen untuk melaksanakan program TJSL melalui pilar Pertamina Cerdas, salah satunya dengan inisiatif pada Program Kampung Literasi 26 Ilir, yang dirancang khusus untuk memberikan pendidikan yang lebih baik kepada anak-anak di sekitar Kelurahan 26 Ilir.

“Kami terus berupaya menghadirkan program-program TJSL yang berdampak untuk masyarakat, salah satunya di bidang pendidikan. Sebagai perusahaan penyedia energi nasional, Pertamina memberikan edukasi dan literasi di tingkat pendidikan dan melalui program ini Pertamina mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Tujuan Nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas,” tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed