oleh

Sekda Sumsel : PKN Tingkat II Langkah Nyata Ciptakan ASN Unggul dan Profesional

SUMSELKITA.COM,Palembang – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Edward Candra katakan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II digelar sebagai langkah nyata untuk menciptakan aparatur pemerintah yang unggul sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat terselenggara secara profesional, tepat sasaran, tidak diskriminatif, dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman .

Hal ini diungkapkan Edward saat menghadiri pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Tahun 2024 di Griya Agung, Selasa, (27/8/2024).

“Kita ingin membentuk profesionalisme aparatur yang akan membentuk sikap dan perilaku yang tangguh sebagai prasyarat menciptakan pegawai yang memenuhi standar kompetensi manajerial, ” Ujarnya.

Kompetensi yang dikembangkan yakni kepemimpinan strategis dengan kompetensi manajerial untuk menjamin akuntabilitas jabatan. Dengan demikian pada akhirnya diharapkan kinerja satuan kerja dapat tercapai secara optimal sesuai dengan target yang telah ditetapkan, jelasnya.

“Saya ingin menyampaikan selamat kepada peserta yang telah terpilih untuk mengikuti pelatihan ini. Saya yakin dengan pembekalan yang diperoleh dalam pelatihan ini, akan dapat menambah wawasan dan pengetahuan Saudara sebagai bekal dalam melaksanakan tugas di kemudian hari, “katanya.

Sebelumnya, Edward juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia sebagai lembaga pembina penyelenggaraan diklat di seluruh Indonesia yang telah memberikan dukungan bagi Sumatera Selatan dan Kepala BPSDMD Provinsi Sumatera Selatan beserta jajarannya yang telah bekerja keras sehingga Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XXXVII Tahun 2024 ini dapat terlaksana.

“Saya berpesan kepada peserta dapat mengikuti pelatihan dengan seoptimal mungkin, bersikap pro-aktif dengan penuh kedisiplinan, ketekunan dan tanggungjawab. Kiita membutuhkan sosok pemimpin strategis yang mampu menerjemahkan visi misi dan tujuan serta nilai-nilai organisasi menjadi strategis dengan tetap menjunjung integritas dan akuntabilitas”, tandasnya.

Membuka PKN II, Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi, Dr. Basseng M.Ed., katakan kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan pemimpin yang berkualitas dan memberikan manfaat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh sebab itu, kegiatan ini perlu didukung dengan baik oleh LAN RI, Penjamin mutu, dan juga BPSDMD.

“Terselenggaranya kegiatan ini merupakan Sinergi yang baik antara LAN dan jajaran Pemprov Sumsel khususnya BPSDMD. Hal ini perlu kita pertahankan dan meningkatkan penyelenggaraan PKN II yang bsa lebih intensif, ” Ujarnya.

Ia menegaskan bahwa pengembangan kompetensi kepemimpinan adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dan masyarakat dapat menerima manfaatnya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Kepala BSDMD Sumsel, Prof. H. M. Edward Juliartha, S. Sos., M. M., melaporkan PKN II dilaksanakan selama tiga bulan dimulai sejak Selasa, 27 Agustus 2024 hingga 21 Desember 2024 mendatang.

Dengan melalui tahapan-tahapan yaitu 3 hari klasikal, 8 hari self learning, 30 hari e-learning melalui zoom di tempat masing-masing, 9 hari klasikal, 60 hari off campus mulai dari 18 Oktober hingga 18 Desember 2024 dan diakhiri dengan 3 hari klasikal.

Jumlah peserta PKN II angkatan 37 berjumlah 60 orang dengan perwakilan yang berasal dari Sumsel, Maluku Utara, Kabupaten OKI, Kabupaten OI, Kabupaten Muara Enim, Kota Prabumulih, Kota Pagar Alam dan Musirawas.

“Kami berusaha semaksimal mungkin agar pelatihan ini dengan sebaik-sebaiknya dan dilakukan secara berkesinambungan. Kami tetap berharap agar terus mendapatkan dukungan dari para km para kepala daerah untuk pelaksanaannya, “pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed