oleh

Program TJSL Pertamina: Meningkatkan Kualitas Hidup WBP di LPP Kelas II A Palembang Melalui Berbagai Pelatihan Terpadu

SUMSELKITA.COM,Palembang – Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, melalui Integrated Terminal (IT) Palembang, senantiasa menunjukkan komitmen terhadap pemberdayaan perempuan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Inisiatif ini ditujukan dengan memberikan berbagai pelatihan dan pembangunan fasilitas untuk Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas II A Palembang.

Sejak tahun 2020, berbagai pelatihan keterampilan kerja dan penyediaan sarana prasarana telah diberikan untuk membekali Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di LPP Kelas II A Palembang. Pelatihan yang diselenggarakan mencakup beragam bidang, termasuk menjahit, menjumput, hidroponik, digital marketing, serta pelatihan tata boga yang bersertifikasi BNSP, semuanya dirancang secara bertahap dan berkelanjutan untuk memperkuat kompetensi dan kemandirian WBP.

Program ini dirancang untuk membekali WBP dengan keterampilan yang bermanfaat dalam mempersiapkan mereka kembali ke masyarakat. Melalui berbagai pelatihan yang diberikan, tercipta dampak positif yang signifikan, termasuk peningkatan kepercayaan diri dan kemandirian, terbukanya peluang usaha dan lapangan kerja pasca-kebebasan, serta pengurangan risiko residivisme atau pengulangan tindak pidana.

Kepala Seksi Kegiatan Kerja LPP Kelas II A Palembang, Assetia Chodijah Tushiloha, mengungkapkan apresiasi atas komitmen Pertamina yang telah memberikan dampak substansial bagi WBP di LPP Kelas II A Palembang.

“Dukungan besar dari Pertamina ini memberikan harapan baru bagi warga binaan kami untuk berkontribusi positif bagi masyarakat setelah bebas nanti,” tutur Tia.

Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan, mengungkapkan program TJSL Pertamina di LPP Kelas II A Palembang bertujuan untuk mewujudkan masa depan yang berkelanjutan sekaligus memberikan dampak positif yang signifikan di berbagai aspek, dengan fokus pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.

“Melalui program TJSL ini, kami berkomitmen untuk membantu para perempuan di LPP Kelas II A Palembang dalam mengembangkan potensi diri mereka, sekaligus mempersiapkan masa depan yang lebih cerah. Pertamina percaya bahwa akses terhadap pendidikan dan berbagai pelatihan akan memungkinkan perempuan menjadi penggerak perubahan positif di masyarakat,” ungkap Nikho.

Nikho juga menekankan bahwa inisiatif-inisiatif dalam program ini selaras dengan tujuan-tujuan yang diusung dalam Sustainable Development Goals (SDGs), yakni Tujuan 5: Kesetaraan Gender, Tujuan 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, serta Tujuan 10: Pengurangan Ketimpangan.