oleh

Wagub Dorong Akselerasi Penyediaan Rumah Murah Bagi  MBR

SUMSELKITA.COM,PALEMBANG – Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya resmi membuka Prime Property Income Expo 2021. Pameran perumahan hasil dari para pengembang yang diprakasai oleh Income tersebut akan berlangsung hingga satu pekan ke depan bertempat di Main Atrium Palembang Icon, Selasa (23/11).

Wagub Mawardi mengapresiasi atas digelarnya kegiatan tersebut. Menurutnya, pameran itu akan menjadi jembatan antara pengusaha properti dan masyarakat untuk memiliki rumah yang layak huni. “Kita menyambut baik. Pameran ini akan menjembatani masyarakat yang ingin memenuhi kebutuhan rumah layak,” kata Mawardi.

Dia menyebut, perumahan dan kawasan pemukiman mempunyai peranan sangat penting dalam pembangunan di Sumsel. Dimana perkembangan industri perumahan yang mulai membaik pada tahun 2021 ini menjadi salah satu tumpuan pertumbuhan ekonomi Sumsel. “Sektor perumahan ini tumbuh positif pada triwulan pertama tahun 2021 sebesar 3,74 persen.  Kita optimis pertumbuhan sektor perumahan pada tahun 2021 ini akan mencapai 10 persen,” terangnya.

Menurutnya, kebijakan kemudahan perizinan dan fasilitas pembangunan merupakan salah satu pendorong tumbuhnya sektor perumahan ini. “Kita juga berharap kemudahan perizinan pembangunan rumah bersubsidi bagi masyarakat dapat segera terwujud,”ujarnya.

Lebih lanjut disampaikannya, kedepannya Pemprov Sumsel akan mengeluarjan kebijakan terkait pembangunan perumahan dengan pendekatan konsep green housing. “Konsep green housing artinya rumah yang ramah lingkungan dengan sumber daya yang lebih hemat. Bahkan bisa menghemat bahan baku, energi, air serta dapat mengurangi emisi karbon dioksida,” paparnya.

Diketahui, saat ini Pemprov Sumsel juga telah memfasilitasi pembangunan perumahan dalam satu kawasan terintegrasi bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Baik masyarakat berpenghasilan tetap maupun tidak tetap. “Pembangunan perumahan ini melalui program bantuan pembiayaan perumahan bersubsidi dari pemerintah pusat yakni program bantuan pembiayaan perumahan berbasis tabungan,” paparnya.

Dia berharap, para pemangku kepentingan sektor perumahan di Sumsel untuk bersama-sama mendukung dan meningkatkan pembangunan hunian yang layak bagi masyarakat bawah. “Saya harap pihak perumahan ini terus berkontribusi bagi kemajuan Sumsel sehingga kedepan dapat mendorong program perumahan yang difokuskan pada kawasan pengentasan kemiskinan,” imbuhnya.

Sementara itu, CEO Income Endang Wisiati Wierono mengatakan, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah khususnya Pemprov Sumsel dan pengguna jasa atas dukungan yang telah diberikan. “Kita melakukan berbagai upaya agar bisa terus bertahan, bahkan di masa pandemi covid-19. Dukungan berbagai pihak tentu menjadi motivasi sehingga kita berharap bisa terus berkontribusi dalam memberikan hunian yang layak bagi masyarakat,” pungkasnya.

Turut hadir, Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto, Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan, Sekda Kota Palembang Ratu Dewa, Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Irvan Prawira, Kepala BPN Palembang Norman Subowo, Ketua REI Sumsel Zewwy Salim, Ketua IIPAT Sumsel Firlandia Muchtar, Sekjen DPD Arebi Sumsel, Erlina Simon, serta para pimpinan Developer dan OPD terkait di lingkungan Pemprov Sumsel.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed