oleh

Pemerintah Kota Beserta Dinas PUPR Palembang Kerahkan Alat Berat Keruk Longsoran Sampah Guna Atasi Banjir

SUMSELKITA.COM,PALEMBANG – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang melakukan pengerukan sampah di TPA Sukawinatan, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukarami, Rabu (24/11/2021).

Gunungan Sampah di TPA itu belum lama ini longsor ke Sungai Sedapet. Akibatnya air sungai meluap dan membanjiri puluhan permukiman warga di 12 RT di kelurahan tersebut.

“Kita sudah melihat ke lokasi. Ternyata ada longsoran sampah dari TPA. Cukup banyak, ada sepanjang 250 meter dengan kedalaman 3 meter. Sekarang sudah ada alat berat melakukan pengerukan. Mudah-mudahan banjir segera surut,” kata Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, saat meninjau lokasi itu, Rabu (24/11/2021).

Ia juga telah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Palembang yang mengelola TPA Sukawinatan.

“Saya sudah sampaikan ke DLHK untuk memperhatikan sampah di TPA ini. Agar alat berat yang ada di atas gunung sampah berhati-hati, sehingga sampah tidak jatuh ke sungai. Karena dampaknya luas, ini banjir sampai tidak surut-surut,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid PSDA Dinas PUPR Kota Palembang, RA Marlina, mengatakan, selain mengerahkan dua unit alat berat, pihaknya juga akan memasang cerucup.

“Sehingga bisa menghalangi sampah agar tidak langsung jatuh ke sungai,” ujar Marlina.

Camat Sukarami, M Fadly, menjelaskan, ada 12 RT dari berbagai perumahan yang terdampak banjir karena luapan sungai akibat longsoran sampah.

Di antaranya, Komplek Griya Buana 1, Griya Buana 2, Perum Kstaria, Perumahan Mutiara, dan lainnya.

“Sudah sekitar 25 hari, airnya tidak surut. Malah kalau hujan deras, banjir tambah tinggi. Kita harapkan kalau sudah dibersihkan sampai di Sungai Sedapat ini, banjir segera surut,” ujar Fadly. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed