oleh

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Pimpin Langsung Upacara Hari Bela Negara ke 73

SUMSELKITA.COM,PALEMBANG – Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Mawardi Yahya didaulat menjadi inspektur upacara pada peringatan hari Bela Negara ke-73 di Halaman Kantor Gubernur  Sumsel Minggu (19/12/2021) lagi. Dalam sambutannya, Mawardi Yahya  membacakan pesan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Upacara dimulai sekitar pukul 07.30 WIB, dihadiri oleh  para pejabat dan PNS di lingkungan Pemprov Sumsel, jajaran Polri, TNI, Resimen Mahasiswa, dan berbagai organisasi kemasyarakatan (ormas).

Dalam sambutan tertulis Presiden Joko Widodo yang dibacakan Wagub  Sumsel H. Mawari Yahya, Presiden mengajak seluruh rakyat Indonesia sebagai bagian dari komponen bangsa untuk bersama-sama menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik lndonesia (NKRI) dengan semangat bela negara.

“Kobaran semangat ini tentu berasal dari seluruh komponen f‹angsa mulai dari prajurit TNI, polisi, pegawai, petani, pedagang kecil, nelayan, ulama. santri, mahasiswa, pekerja, buruh, dan elemen rakyat yang lainnya. Sejarah telah membuktikan bahwa negara Indonesia dibentuk oleh seluruh komponen bangsa. Pembentukan ini berawal dari pengorbanan yang dilakukan berpuluh-puluh tahun IaIu dengan semangat bela negara,” katanya

Menurutnya, Membela negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan senjata dan berperang, tetapi juga dilakukan dengan upaya-upaya politik maupun diplomasi.

“Peringatan Hari Bela Negara tahun 2021 ini mengambil tema “Semangat Bela Negaraku, lndonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”. Tema tersebut mengisyaratkan kita untuk terus mengobarkan dan mengimplementasikan sikap rela berkorban demi bangsa dan negara serta tetap tumbuh bersama-sama untuk berjuang pantang menyerah menuju lndonesia Maju,” tuturnya

Mawardi mengatakan, saat ini masyarakat masih berada dalam masa pandemi Covid-19, Krisis akibat pandemi ini harus dihadapi dengan tepat, baik secara fisik dan non fisik.

Hadir pula dalam kesempatan ini Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang Drs. H. Makmun, S.H.,M.H, Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Ir. S.A. Supriono, dan para Kepala OPD dilingkungan Pemprov Sumsel. (Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel)