oleh

Bersama Harnojoyo, Dua Gubernur Ikut Gotong Royong di Sekanak Lambidaro

-Berita, Sumsel-192 views

 394 total views,  2 views today

SUMSELKITA.COM,PALEMBANG – Pemerintah Kota Palembang kembali melaksanakan gotong royong, setelah lebih dari 2 tahun tertunda karena pandsmi Covid-19.

Gotong royong dilaksanakan serentak di seluruh kecamatan dan kelurahan di ini.

Adapun gotong royong utama, yang diikuti langsung oleh Wali Kota Palembang H Harnojoyo dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dipusatkan di sepanjang kawasan destinasi wisata Sekanak-Lambidaro, Minggu (23/1/2022).

Yang menarik, hadir pula dalam kegiatan gotong royong ini, Gubernur Sumsel Herman Deru, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo!

Ini tentu hal yang spesial di gotong royong perdana pasca Covid-19.

Harnojoyo, Herman Deru, dan Ganjar Pranowo, terlihat duduk bersama dan berbincang di satu perahu, yang mengitari Sungai Sekanak – Lambidaro.

“Ini gotong royong spesial, langsung dihadir sebagai Ketua Kagama yang juga Gubernur Jawa Tengah Pak Ganjar, dan Gubernur kita Herman Deru,” kata Harnojoyo.

Ia menyebutkan, kini Sungai Sekanak sudah bisa dimanfaatkan warga Palembang maupun wisatawan untuk rekreasi, seiring upaya Pemkot Palembang yang terus melakukan penataan di kawasan tersebut.

“Kita minta masyarakat untuk menjaga sungai ini. Pada saatnya nanti akan menjadi jalur transportasi sungai  dan wisata baru di Kota Palembang,” kata Harnojoyo.

Ia menyebutkan, Pemkot Palembang terus berupaya menata Jalan Radial hingga KH Ahmad Dahlan sebagai etalase kota. Begitu juga upaya sosialisasi dan promosi terus dilakukan.

“Antara lain, tanggal 29 dan 30 ini kita akan menggelar Festival Sekanak Lambidaro.”

Selain itu, Harnojoyo akan menjadikan kawasan ekonomi terpadu pada setiap akhir pekannya.

“Nanti pedestrian Sudirman yang biasa digelar setiap.malam minggu akan kita pindahkan ke Jalan Radial ini. Mulai dari lampu merah simpang empat Palembang Indah Mall (Mal) sampai ke simpang Pasar 26 ilir (Mie Celor),” Harnojoyo menjelaskan.

Diakui Harnojoyo, restorasi Sungai Sekanak Lambidaro memang belum tuntas.

Dari 11 Km baru 2 Km yang selesai dibangun.

“Sisanya 9 Km lagi, akan kita kejarkan penyelesaian pengerjaannya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memuji Wali Kota Palembang H.Harnojoyo yang berhasil membangun spirit warga Palembang dan jajarannya.

“Ini suatu spirit yang luar biasa, Gotong royong yang digagas Walikotanya sejak tahun 2015 memberikan hasil yang positif,” ujar Ganjar.

Ganjar yang sebelumnya gowes ke Kota Palembang ini mengatakan sengaja ingin mengikuti gotong royong Harnojoyo.

“Jawa Tengah akan belajar nih di Palembang. Saya tidak tahu, masa lalunya sungai di Palembang yang saya ketahui kondisinya sekarang sangat bagus,” ujar Ganjar.

Ia menambahkan, dirinya sangat mengapresiasi jajaran Pemkot Palembang yang berkomitmen mengubah wajah sungainya.

“Kita pernah buat kongres Sungai berapa tahun lalu. Dan teman-teman dari Palembang paling antusias dan hasilnya bisa terlihat. Terlebih bersama balai sungainya ada sekolah dan posko sungai,” kata Ganjar pula.

Di tempat yang sama, Gubernur Sumsel Herman Deru menjelaskan, perubahan sungai yang digagas Harnojoyo patut diapresiasi.

“Tinggal bagaimana menumbuhkan kecintaan warga Palembang terhadap sungai. Antara lain dengan menjaga kebersihan dan tida k membuang sampah sembarangan,” kata Deru. (*)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed