oleh

Herman Deru Dukung Pembangunan Sentra Pemerintahan Baru di Kabupaten Lahat 

 136 total views,  4 views today

Sumselkita.com, Palembang – Meski tak bisa hadir secara langsung, Gubernur Sumsel H. Herman Deru tetap hadir secara virtual pada sidang paripurna istimewa HUT ke-153 Kabupaten Lahat, Jumat (20/5) pagi dari Command Center Pemprov Sumsel.

Dalam kesempatan itu Bapak Infrastruktur Sumsel tersebut mengatakan akan ikut mendorong dan mendukung percepatan pembangunan sentra pemerintahan baru di Kabupaten Lahat yang berada di seberang Desa Ulak Lebar, Lahat.

“Saya tentu mendukung rencana pembangunan sentra pemerintahan baru di Seberang Desa Ulak Lebar. Ini bagus agar perluasan Kota Lahat semakin maksimal. Sehingga rentang kendali semakin dekat. Sehingga Lahat tetap menjadi episentrum potensi-potensi di sekitarnya,” tegas Herman Deru.

Lebih jauh Herman Deru mengatakan, bahwa Lahat patut mendapat prioritas. Bukan hanya karena usianya, namun Lahat merupakan induk dari beberapa kabupaten/kota di sekitarnya.

“Kabupaten Lahat ini induk dari beberapa kabupaten dan kota di sekitarnya seperti Empat Lawang dan Pagaralam. Bahkan, pada zaman Belanda, Kabupaten Muara Enim juga masuk wilayah Lahat. Karena itu perkembangannya menjadi prioritas kita,” tuturnya.

Tidak hanya itu, berbagai potensi yang ada di Kabupaten Lahat juga menjadi salah satu pemicu gencarnya pembangunan di Kabupaten Lahat.

“Kabupaten ini memiliki potensi yang luar biasa baik salah satunya yakni Sumber Daya Alam. Ini harus kita bangun dan kembangkan sehingga potensi ini bisa bermanfaat bagi ekonomi masyarakat,” paparnya.

Namun, lanjutnya, pembangunan tersebut tentu tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri.

“Jika bicara pembangunan, tentu harus ada kolaborasi. Pemprov Sumsel akan siap membantu dalam pembangunannya,” imbuhnya.

Herman Deru mengakui, membangun daerah yang telah berusia matang memang tidak bisa langsung terlihat. Tapi, apresiasi yang diberikan berbagai pihak akan membuktikan berhasil atau tidaknya pembangunan yang dilakukan.

“Keseriusan kepala daerah di berbagai bidang harus terus dilakukan. Prestasi yang didapat akan menjadi bukti keberhasilan pembangunan itu. Namun kearifan lokal harus tetap dipertahankan,” ujarnya.

Dia juga mengajak seluruh elemen di Kabupaten Lahat dan Kota Pagar Alam untuk menjaga Daerah Aliran Sungai (DAS) dengan melakukan reboisasi kawasan sekitar sehingga keberlangsungan kelestarian alam tetap terjaga. Terlebih  fungsi dari sungai bukan saja sebagai urat nadi bagi majunya perekonomian masyarakat melain juga menjadi sumber tenaga energi baru terbarukan yakni pembangkit tenaga listrik mokrohidro yang terbukti menjadi kawasan tersebut mampu menyuplay listrik hingga keluar daerah.

“Surplus energi listrik di Sumsel sudah kita suplay ke Bangka Belitung melalui kabal bawah laut. Dimana kerlebihan listrik di Sumsel ini sebagian berasal dari  Kabupaten Lahat,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Lahat Cik Ujang mengatakan, pihaknya sendiri terus berupaya melakukan pengembangan agar Kabupaten Lahat semakin maju.

Apalagi, Kabupaten Lahat memiliki berbagai kekayaan alam yang tidak dimiliki daerah lainnya.

“Lahat ini punya kekayaan alam dengan berbagai komoditas di dalamnya. Lahat juga memiliki megalit dan sumber listrik yang banyak. Inilah sebabnya, kenapa kita harus terus mengembangkan daerah ini sehingga makin maju,” katanya.

Menurutnya, dari tahun ke tahun perkembangan Kabupaten Lahat memang semakin pesat.

“Ini karena perhatian pak Gubernur yang terus memprioritaskan pembangunan di Lahat. Bantuan melalui APBD yang diberikan pak Gubernur membuat pembangunan khususnya infrastruktur di Lahat semakin meningkat pesat,” terangnya.

Saat ini, infrastruktur di Kabupaten Lahat mulai dari jalan, jembatan, sistem drainase, irigasi dan berbagai infrastruktur lainnya sudah sangat baik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed