oleh

Sriwijaya Expo Resmi Digelar, Komitmen Pemprov Sumsel Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi

 274 total views,  2 views today

SUMSELKITA.COM, PALEMBANG – Langkah Pemprov Sumsel untuk menyemarakkan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke VI pantas diapresiasi.

Apalagi, gelaran pesta olahraga masyarakat yang terpusat di Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Ilir itu, dikemas juga dengan digelarnya Sriwijaya Expo di Plaza Venue Dempo Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, yang dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya, Sabtu (2/7).

Menurut Mawardi, Sriwijaya Expo tersebut merupakan penopang dari gelaran FORNAS ke VI Sumsel. Dimana, Sriwijaya Expo itu juga komitmen Pemprov Sumsel dalam mendorong peningkatan ekonomi masyarakat dari berbagai, termasuk juga pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

“Pemprov Sumsel terus berupaya menggelar berbagai kegiatan. Salah satunya Sriwijaya Expo. Hal ini langkah untuk mendorong pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi ini,” kata Mawardi.

Lebih lanjut dikatakannya, Sriwijaya Expo tersebut sengaja digelar bertepatan dengan FORNAS. Hal itu mengingat, FORNAS ke VI diikuti para peserta dari 34 Provinsi di Indonesia.

“Jadi yang menikmati Sriwijaya Expo ini bukan hanya masyarakat lokal Sumsel, tapi juga masyarakat seluruh Indonesia. Ajang ini sekaligus juga sebagai sarana kita memperkenalkan budaya dan adat istiadat Sumsel,” paparnya.

Dia berharap, Sriwijaya Expo tersebut berdampak pesat bagi pertumbuhan ekonomi secara luas.

“Mudah-mudahan ekonomi kita terus terdorong melaui Sriwijaya Expo tersebut. Bahkan kita berharap, kesuksesan Sriwijaya Expo ini nantinya dapat menjadi contoh bagi provinsi lain,” terangnya.

Diketahui, pembukaan Sriwijaya Expo ini tak kaah dengan opening ceremony FORNAS ke VI Sumsel yang digelar satu hari sebelumnya.

Pembukaan Sriwijaya Expo tersebut ditandai dengan penekanan sirine dan pemotongan pita serta peninjauan langsung booth Sriwijaya Expo dari berbagai Kabupaten dan Kota di Sumsel serta Kabupaten dari Provinsi tetangga seperti Lampung. Sriwijaya Expo digelar mulai 2 – 6 Juli 2022 mendatang.

Tidak hanya itu, untuk memeriahkan pembukaan tersebut, digelar juga berbagai pertunjukan mulai dari teatrikal, tarian khas Sumsel, hingga performance bintang tamu yakni Ruri Republik.

Masyarakat yang menyaksikan pembukaan Sriwijaya Expo terlihat sangat antusias. Bahkan tak sedikit juga yang berdecak kagum menyaksikan kemegahan Sriwijaya Expo.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sumsel Ernila Rizar menyebut, Sriwijaya Expo tersebut merupakan hasil kerjasama antara Dekranasda dan berbagai pihak.

“Dekranasda Sumsel terus membuat terobosan, salah satunya digelarnya Sriwijaya Expo ini. Ajang ini bekerjasama dengan pihak lainnya,” katanya.

Pada ajang Sriwijaya Expo kali ini, berbagai hal dipamerkan seperti Pameran Produk Unggulan, bimtek, demo kuliner, jasa, investasi, perbankan, pariwisata, industri dan kerajinan khas daerah.

“Tujuannya memberikan hiburan kepada masyarakat dan berdampak pada peningkatan ekonomi baik sektor ekonomi mikro dan makro, serta sebagai ajang promosi kesenian daerah,” jelasnya.

Dia menyakini, Sriwijaya Expo ini akan semakin mengangkat pertumbuhan ekonomi.

“Ini juga upaya untuk mendorong transaksi ekonomi pasca pandemi saat ini dan juga rangkaian dari FORNAS ke VI yang saat ini sedang berlangsung,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed