oleh

Jadi Narsum Kuliah Umum di Poltekpar, Herman Deru: Kembangkan Pariwisata Dengan Ide Kreatif

-Politik-10 views

 720 total views,  2 views today

SUMSELKITA.COM,PALEMBANG – Gubernur Sumsel H Herman Deru memberikan kuliah umum kepada mahasiswa dan mahasiswi Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang, Senin (5/9). Dalam kuliah umum tersebut, Herman Deru menyampaikan sejumlah pesan kepada mahasiswa dan mahasiswi lintas semester tersebut agar bisa dikembangkan untuk kemajuan pariwisata di Sumsel.

Dimana, Herman Deru mengajak agar mahasiswa dan mahasiswi tersebut untuk terus mengeksplorasi potensi pariwisata di Sumsel, mulai dari adat istiadat, karakter, kuliner hingga potensi alamnya.

“Begitu banyak keanekaragaman Sumsel ini mulai dari alamnya, hayati, hingga kulturnya. Sumsel ini salah satu wilayah yang cukup eksotik sehingga jika dikelola dengan baik, tentu akan meningkatkan potensi pariwisatanya,” kata Herman Deru.

Bahkan, lanjutnya, pengembangan dan inovasi melalui ide-ide kreatif juga harus dilakukan untuk mendorong majunya pariwisata tersebut.

“Seperti kuliner khas daerah ini. Itu bisa dikembanhkan dengan inovasi baru sehingga variannya berkembang dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Kita tidak boleh hanya mewarisi tradisi tapi juga harus berani berekspresi sehingga kita mampu memodifikasi yang sudah ada menjadi ketertarikan bagi pendatang,” bebernya.

Selain itu, dalam penyajiannya potensi juga harus dilakukan orang-orang yang hadal dan penuh ketelitian sehingga setiap promosi pariwisata yang dilakukan dapat meninggalkan kesan tersendiri.

“Ini tentu melibatkan orang-orang handal untuk mengatur even yang digelar. Orang-orang terlibat didalam even memang dituntut teliti sehingga kesalahan fatal dapat diminimalisir,” terangnya.

Sebab itulah, dia mengingatkan, agar mahasiswa dan mahasiswi Poltekpar tersebut terus konsen di bidangnya.

“Jadi kita yang sudah berkecimpung disini harus aktif. Peran kita di sektor pariwisata ini harus dijiwai. Jangan berubah ditengah jalan. Ada tiga hal yang harus dipedomani yakni konsisten, konsekuen dan kecepatan,” paparnya.

Diujung kuliahnya, Herman Deru juga berpesan agar mahasiswa dan mahasiswi tersebut tidak hanya mengejar untuk bekerja di sektor pariwisata.

“Jangan hanya bertekad untuk bekerja di sektor pariwisata, tapi juga harus menjadi pelaku pariwisata ini. Yang terpenting, kita harus membuat kepariwisataan baru yang mampu mendorong datangnya wisatawan secara berkesinambungan,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Herman Deru juga meninjau berbagai stand kuliner para pelaku usaha muda yang merupakan mahasiswa dan mahasiswi serta alumni dari Poltekpar Palembang.

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Pusat Pengembangan SDM Kemenparekraf RI Faisal, PLT Direktur Poltekpar Palembang Dilla Pratiyuda, para pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel dan diikuti 450 mahasiswa dan mahasiswi D3 serta D4 Poltekpar Palembang.*

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed