oleh

Tekan Balapan Liar dan Gali Potensi Remaja di Palembang, Ratu Dewa Bakal Rutin Gelar Drage Race dan Drag Bike

SUMSELKITA.COM, PALEMBANG – Guna menekan aksi balap liar di Kota Palembang, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa menggelar Ratu Dewa Drage Race dan Drag Bike di Jakabaring Sport City (JSC).

Even ini, kata Dewa, merupakan lanjutan dari Maret 2022 lalu dan akhirnya digelar lagi.

“Hari ini grand final Drag Race dan Drag Bike. Alhamdulillah, ternyata antusias peserta mengikuti cukup tinggi, bahkan kita sempat membatasi. Baik drag race maupun drag bike peserta yang daftar membludak. Itu berarti menunjukkan anak-anak muda cinta akan otomotif,” ujar Ratu Dewa, Minggu (30/10/2022).

Terbukti, dengan jumlah peserta untuk drag race 300 peserta dan drag bike 450 peserta.

“Totalnya hampir 800 orang. Tadinya drag bike itu sudah ada 500 peserta yang daftar, alhamdulillah antusias peserta cukup tinggi,” ujar Dewa.

Ia mengimbau anak-anak muda yang hobi balapan untuk mengikuti kegiatan positif seperti kompetisi yang diadakan ini.

“Insya Allah ke depan akan menjadi agenda rutin, harapan kita agar para kaum muda ini menghindari aksi balap liar dan kita berupaya untuk memfasilitasi kegiatan serupa,” imbuh Dewa.

Dewa juga berharap, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kreatifitas, berkendaraan dengan baik dengan cara tidak balap liar dan mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan oleh kepolisian.

Ditanya mengenai kesiapan fasilitas bagi penggemar balap, Ratu Dewa menyatakan siap memfasilitasi dari pemerintah kota.

“Tadi dari IMI memang sudah ada rencana akan membangun venue drag race. Kalau kita siap mendukung dan memfasilitasi, kalau dari pihak kepolisian sudah fix kita jalan,” tegasnya.

Kapolrestabes Kota Palembang, Kombes Pol Mokhammad Ngajib, mengatakan, sangat mengapresiasi even Ratu Dewa Drag Race dan Drag Bike ini.

Selain menekan aksi balap liar juga memberikan wadah bagi para pembalap berpotensi untuk tampil.

“Terima kasih kegiatan ini bisa menjadi kegiatan positif bagi para anak-anak muda untuk menunjukkan kreatifitasnya. Selamat berkompetisi, menang kalah hal biasa yang penting sportif,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumsel, Alpian Maskoni mengatakan, perhelatan ini juuga dapat menggiatkan ekonomi kerakyatan.

Terlebih selama dua tahun lalu terpuruk oleh musibah Covid-19, sehingga ini menjadi wadah untuk membangkitkan ekonomi terputus di Kota Palembang.

“Selain itu juga menekan aksi balap liar yang sangat meresahkan masyarakat, pengendara di jalanan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Sekda Kota Palembang, Ratu Dewa yang menginisiasi kegiatan untuk kaum muda ini dan tadi mendapat restu dari Kapolresta Palembang sebagai bentuk perhatian beliau,” jelasnya.

Ia berharap, 2023 keinginan untuk memiliki sirkuit permanen di Jakabaring dapat terlaksana.

“Insya Allah untuk drag race sekaligus drag bike akan dibuat dalam satu sirkuit dan bersebelahan dengan sirkuit grass track ini tempatnya di sebelah danau. Kita masih punya tanah yang kurang lebih 100 hektar masih kosong dan saya sudah bicara dengan Bapak gubernur sekarang dalam proses untuk kita mendesain sirkuit tersebut,” Alpian menerangkan. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed