oleh

Delegasi JKPI Disuguhi Tari dan Pempek Palembang

 60 total views,  4 views today

SUMSELKITA.COM, PALEMBANG – Delegasi Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) IX terpukau dengan penampilan tarian Sriwijaya yakni Tari Pirdi, saat menghadiri gala dinner atau santap malam di rumah dinas Wali Kota Palembang, Rabu (2/11/2022).

Penampilan para penari yang berpakaian tradisional Palembang lengkap dengan aksesorisnya, menarik perhatian peserta atau delegasi Rakernas JKPI. Mereka, dengan hp selulernya bahkan mengabadikan para penari.

Sembari menikmati kuliner khas Palembang, pempek, para tamu undangan menikmati aksi penari.

Selain pempek, menu kuliner lainnya adalah tekwan, laksan, lakso, mi celor, burgo dan martabak telor.

Ketua Presidium JKPI Bima Arya, mengapresiasi Wali Kota Palembang Harnojoyo yang memberikan suguhan istimewa dan juga kuliner ikonik Palembang.

“Penyambutan delegasi sangat istimewa. Terlebih, saya sangat senang sekali, dan pertama kali dissert (makanan penutup) disuguhi Pempek Palembang yang nikmat,” ujar Arya Bima.

Bima, yang juga Wali Kota Bogor, ini mengakui pempek adalah salah satu menu yang sudah dinanti-nantinya.

“Ya pempek telah berhasil membuat peserta dimanja. Maka dari itu, kegiatan ini merupakan gerakan gotong-royong menggerakan ekonomi,” ujar Arya.

Ia menambahkan, adanya isu soal resesi ekonomi pada tahun depan jadi tantangan tersendiri bagi kota/kabupaten di Indonesia.

“Kuncinya perbanyak destinasi wisata murah, sehingga masa itu bisa kita lewati dengan baik. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih telah menjamu kami malam ini,” pungkas Arya Bima.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo, memprediksi jika kuliner khas pempek dan lainnya akan menjadi perburuan oleh-oleh para peserta rakernas JKPI ke XI 2022.

“Inilah kota kami tercinta, kota yang penuh sejarah. Saya sangat bangga pada hari ini Rakernas JKPI bisa dilaksanakan di Palembang. Mungkin 70 tahun lagi acara tersebut bisa terselenggara di kota pempek ini,” ujar Harnojoyo, dalam sambutan pembukaan acara.

Untuk diketahui, Rakernas JKPI ini merupakan agenda rutin, yang dipergilirkan di kota-kota lainnya.

Cukup beralasan jika Harnojoyo menyebut Palembang mungkin jadi tuan rumah JKPI beberapa puluh tahun lagi. Di Indonesia ada ratusan kota, sementara penyelenggaraan JKPI ini baru dihelat sembilan kali.

Di acara gala dinner sekaligus silahturahmi itu, 44 bupati/wali kota se-Indonesia juga bertukar cenderamata khas daerah masing-masing.

Para delegasi Rakernas IX JKPI akan berada di Kota Palembang, ibu kota Provinsi Sumatera Selatan, nulai hari ini hingga Sabtu, 5 November 202.

Selain mengikuti Rakernas, mereka mengikuti sejumlah event. Mulai dari bazar, pameran, hingga Musi Tur.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed