oleh

Resmikan Mess Leanpuri Bumi Perkemahan Gandus, Herman Deru : Pramuka  Harus Jadi Teladan  Bagi Semua Kalangan 

SUMSELKITA.COM, PALEMBANG –  Gubernur Sumsel H Herman Deru yang juga bertindak  sebagai Ketua Majelis Bimbingan Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Sumsel,  meresmikan Mess Pramuka Leanpuri di Bumi Perkemahan Gandus Palembang.

Menurut  Herman Deru keberadaan Bumi perkemahan Gandus  yang ada  di Provinsi Sumsel  menjadi tempat yang   membanggakan  karena tidak lama lagi akan diramaikan dengan kehadiran para pramuka dalam  kegiatan  Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Tingkat Nasional (Pertikaranas) IV. Dia berharap  Pertikaranas tersebut nantinya akan  membangkitkan  kepramukaam di Bumi Sriwijaya.

“Kita ketahui pramuka tidak hanya identik dengan atributnya tapi pramuka itu jiwa, pramuka itu sesuatu bentukan bagi setiap insan untuk menjadi insan yang setia dan suportif,” ujarnya saat memberikan sambutan pada peresmian   Mess Pramuka Leanpuri di Bumi Perkemahan Gandus Palembang, Selasa (8/11).

Makanya untuk itu Bapak Pembangunan Sumsel itu ingin Pramuka di Sumsel harus menjadi teladan  bagi setiap insan khsusnya  kalangan pemuda.

“Kita tau bahwa kepanduan ini butuh proses. Kita gunakan tempat ini untuk menggembleng kejiwaan pramuka. Sebab pramuka ini bukan atribut tapi jiwanya,  kedisiplinan pengguna atribut pramuka harus siaga,” ungkapnya.

Selain itu Herman Deru meminta kepada Kakwarda Sumsel untuk melibatkan  semua insan bukan hanya anak sekolah dan pegawai negeri tapi juga organisasi lainnya.

“Kecakapan penanganan bencana ini juga penting. Saya minta pada satuan pramuka yang menjadi pramuka siaga jangan hanya mengandalkan Basarnas dan BPBD tapi pramuka juga ada siaga bencana agar ada kelebihan di dalam kepramukaan,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perkim Provinsi Sumsel, Basyaruddin Akhmad mengatakan kawasan bumi perkemahan memiliki lahan kurang lebih dari 20 hektar.

Adapun Mess Leanpuri  yang diresmikan   berdiri diatas luas tanah 2500 meter persegi dengan luas bangunan 420 meter persegi dengan menggunakan   tiang pancang pondasi  mengingat kondisi tanah rawah.

“Bangunan Mess Leanpuri memiliki dua lantai dan 24 kamar dengan fasilitas kamar mandi dan tempat tidur yang bisa menampung tiga orang dengan kipas angin dan kamar mandi di dalam kamar,” tutupnya.

Menurutnya Mess ini diberi nama Leampuri mengingat Alm. Hj. Percha Leanpuri sebagi Wakil Ketua Kwarda Sumsel 2017-2022 sangat peduli kepada kepramukaan sehingga para gerakam pramuka sepakat untuk diberi nama Mess Leanpuri.

Untuk diketahui sebelum prosesi peresmian Mess Leanpuri tersebut, Gubernur bersama rombongan terlebih dahulu melakukan ziarah kemakam  Almh Hj Percha Leanpuri  yang semasa hidupnya yang bersangkutan banyak berkontribusi pada kemajukan gerakan Pramuka Sumsel.
Adapun peresmian Mess Leanpuri ditandai dengan penandatanganan prasasti dilanjutkan dengan peninjauan sejumlah ruangan. Dikesempatan itu juga Gubernur menebar benih ikan  di kolam retensi tidak jauh dari lokasi.

Turut hadir Kakwarda Sumsel, Riza Fahlevi, Wakil Ketua Kwarda Sumsel, H Giri Ramanda, Hj. Samantha Tivani HD, Anggota DPRD Sumsel  H Alfarenzi Panggarbesi serta para Kepala OPD Sumsel/mewakili.**

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed