oleh

Disnaker Palembang Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi untuk Pencari Kerja

 28 total views,  2 views today

SUMSELKITA.COM, PALEMBANG – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Palembang tahun ini kembali membuka kesempatan bagi para pencari kerja untuk mengikuti pelatihan berbasis kompetensi.

Disnaker membuka kuota untuk sebanyak 104 orang untuk mengikuti pelatihan untuk di 5 kejuruan.

Kepala UPTD Balai Latihan Kerja Disnaker Kota Palembang, Efendy Agus Yansyah, mengatakan, pelatihan berbasis kompetensi ini akan dibagi menjadi 2 tahap.

“Untuk tahap pertama ada 80 kuota. Tahap kedua rencananya akan dilaksanakan sesudah Lebaran Idul Fitri di tahun ini,” ujarnya, Kamis (19/1/2023).

Dia mengatakan, untuk tahap kedua ada sebanyak 64 orang.

Pendaftaran pelatihan berbasis kompetensi untuk para pekerja ini dibuka dari tanggal 12 Januari sampai 19 Januari 2023.

Setelah itu akan dilakukan tes seleksi pada tanggal 24 sampai 26 Januari.

“Nah pengumumannya di tanggal 27 januari, baru di tanggal 30-31 Januari para peserta melakukan daftar ulang,” jelasnya.

Efendy melanjutkan, pelatihan ini rutin dilakukan setiap tahunnya, nantinya akan ada 5 pelatihan kejuruan.

Yaitu, pelatihan teknisi otomotif (servis motor konvensional), pelatihan operator menjahit (menjahit dasar pakaian pria dan wanita), pelatihan teknik pengelasan (SMAW 2G/PC), pelatihan teknisi Ac (teknisi perawatan AC residensial), dan pelatihan teknik listrik (pemasangan instalasi listrik bangunan sederhana).

Tak hanya mendapatkan keterampilan dan pengetahuan, peserta juga akan mendapatkan uang saku, sertifikat, baju seragam, akomodasi selama pelatihan, dan ATK.

“Nantinya per kejuruan ada 16 kelas. Dan mereka akan dilatih oleh intruktur yang ada di setiap UPTD yang tentunya ahli di bidang masing masing,” ujar Efendy.

Ia berharap melalui pelatihan seperti ini maka keterampilan dan pengetahuan para pencari kerja yang ada di Kota Palembang lebih meningkat.

“Alhamdulillah minat para pencari kerja untuk mengikuti pelatihan ini setiap tahun selalu meningkat. Saat ini saja sudah ada 200 orang yang mendaftar,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed