oleh

Pembangunan Tol Kapal Betung, Lahan Pemakaman COVID 19 di Gandus Palembang akan Digusur

 34 total views,  2 views today

SUMSELKITA.COM, PALEMBANG – Lahan pemakaman khusus (LPK)  COVID 19 di wilayah Gandus, Kota Palembang, Sumatera Selatan akan digusur untuk pembangunan jalan Tol Trans Sumatera. Lahan tersebut Digusur untuk memperlancar proses pembangunan Tol Kayuagung-Palembang-Betung (Kapal Betung).

“Iya informasinya tersebut memang benar,” kata Kepala Konstruksi Waskita Sriwijaya ruas Palembang – Betung soal lahah pemakaman COVID 19 akan digusur untuk pembangunan Tol Kapal Betung, Selasa 24 Januari 2023.

Terkait hal itu, dia memastikan jika lahan pemakaman korban COVID 19 Gandus, Palembang yang digusur tersebut bukan diperuntukkan untuk Main Road jalan Tol itu sendiri.

Penggusuran itu, katanya, rencananya akan digunakan untuk mengatur kemiringan di ruas Tol yang melintasi lokasi tersebut ataupun overpass untuk warga sekitar yang terdampak.

“Kalau main roadnya sudah selesai semua dari Palembang ke Pangkalan Balai (Banyuasin). Jadi, itu bukan untuk main road ya. Informasinya itu untuk mengatur kemiringan atau overpas,” kata dia.

Kepala Bagian Pengelolaan Lahan Waskita Sriwijaya di ruas tersebut, Dedy juga menyatakan hal serupa.

Menurutnya penggusuran itu tidak mengganggu main road, melainkan untuk menunjang kemiringan di ruas tol tersebut.

“Iya bukan untuk main road bukan juga juga untuk overpass tapi untuk kemiringan,” kata Dedy.

Pemkot Palembang juga membenarkan adanya penggusuran lahan pemakaman COVID 19 tersebut.

Namun menurut Pemkot penggusuran itu tidak seluruhnya memakan lahan pemakaman, melainkan hanya sebagian saja.

Dimana dari total 6 Hektar lahan tersebut hanya 4.800 meter yang terkena pembangunan Tol, dan itu pun juga sudah diganti Waskita Karya seluas 5.500 meter di lokasi yang berdekatan dengan lokasi penggusuran tersebut.

“Lahan pemakaman COVID 19 yang terkena itu masih kosong. Sehingga tidak ada masalah, karena lahannya juga diganti lebih luas. Yakni 5.500 meter. Yang terkena hanya 4.800 itu juga kosong belum ada digunakan untuk pemakaman COVID 19,” kata Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Pemkot Kota Palembang, Zulkarnain, terpisah.

Menurut dia langkah tersebut diambil lantaran sejauh ini kasus penyebaran COVID 19 di Palembang sudah sangat sedikit tidak seperti saat pandemi beberapa tahun lalu.

“Sehingga, proses pemakaman jenazah COVID 19 di lahan itu juga sudah sangat jarang dilakukan. Berbeda saat pada awal pandemi,” terangnya.

Sekedar informasi, proyek pembangunan tol Kapal Betung tersebut memiliki panjang 111,7 kilometer.

Untuk seksi Kayuagung-Palembang telah rampung dan diresmikan Presiden Joko Widodo beberapa tahun lalu.

Dilanjutkan pada sesi Keramasan-Betung, di sesi ini dari ruas Keramasan ke Pangkalan Balai (Banyuasin) main roadnya sudah hamoir 100 persen, sedangkan dari Pangkalan Balai ke Betung masih di tahapan ganti rugi lahan.

Untuk Keramasan ke Pangkalan Balai main roadnya sudah selesai tapi dari Pangkalan Balai ke Betung belum sama sekali masih ganti rugi lahan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed