oleh

Anak Perusahan PERTAMINA Nyatakan Kerjasama Rencana Pembangunan dan Pengembangan Pelabuhan Tanjung Carat

SUMSELKITA.COM, PALEMBANG  – Potensi di Pelabuhan Samudera Tanjung Carat terus dilirik banyak pihak. Terbaru PT.Pertamina Trans Kontinental (PTK) yang merupakan anak usaha Pertamina International Shipping (PIS) dan menyediakan berbagai macam jasa maritim menyatakan minatnya menjajaki kerjasama rencana Pembangunan dan Pengembangan Pelabuhan New Palembang di Tanjung Carat Provinsi Sumsel.

Hal itu terungkap saat jajaran pimpinan Pertamina International Shipping dan PT. Pertamina Trans Kontinental melakukan audiensi langsung dengan Gubernur Sumsel H. Herman Deru di Griya Agung, Jumat (10/3) pagi.

” Maksud kedatangan ini mereka berminat untuk bekerjasama dalam pengembangan pelabuhan Palembang Tanjung Carat. Ini memang kita nanti-nantikan karena selaras dengan progres yang sedang berjalan,” jelas Gubernur Herman Deru.

Tak dipungkiri jika nanti Pelabuhan tersebut selesai dibangun akan membutuhkan market atau pengguna jasa termasuk dari PT. PTK sesuai kebutuhannya. Menurut Gubernur Herman Deru secepatnya rencana kerjasama ini dituangkan dalam nota kesepahaman sebelum Lebaran Idul Fitri. Sambil menunggu progres penyelesaian Amdal.

Dalam kesempatan itu Bapak Infrastruktur Sumsel itu juga menjelaskan bahwa pembangunan Pelabuhan Samudera itu telah lama diimpikan masyarakat Sumsel. Selain pendangkalan Sungai Musi yang membuat draft di Pelabuhan Boombaru semakin kecil sekitar 6 meter saja, adanya pelabuhan ini juga diharapkan dapat menjadi gerbang ekspor berbagai komoditas Sumsel yang sangat banyak seperti karet, sawit, batubara dan lainnya.

Sementara itu Dirut PT Pertamina Internasional Shipping, Yoki Firnandi mengatakan sangat berterimakasih karena bisa mendapatkan kesempatan beraudiensi dan berdikusi dengan Gubernur Sumsel H. Herman Deru terkait pembangunan New Port Palembang Tanjung Carat.

Dikatakan Yoki, sejak 2020 Pertamina dipecah menjadi beberapa sub holding ada refinery aalah satunya Pertamina Internasional Shipping sebagai pelayaran nasional bertaraf internasional dan memiliki anak perusahaan yakni PT.PTK yang mengelola pelabuhan Pertamina.

Dari sisi bisnis Yoki melihat bahwa Pelabuhan Tanjung Carat memiliki potensi yang sangat besar terutama dalam hal peningkatan ekonomi di Sumsel.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed