oleh

PERINGATI HUT RI, DINAS PARIWISATA PALEMBANG AKAN GELAR BIDAR TRADISIONAL DAN PERAHU HIAS DI SUNGAI MUSI

SUMSELKITA.COM, PALEMBANG – Lomba Bidar Tradisional dan Kapal Hias sudah menjadi tradisi 17 Agustusan di Kota Palembang yang masih dilestarikan hingga kini.

Terlebih lomba Bidar ini sudah masuk dalam Top 10 Calendar of Charming Events 2023, yang dirancang sejak awal tahun.

Karena itu, Dinas Pariwisata Kota Palembang akan melaksanakan lagi event tahunan tersebut, menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-78.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Sulaiman Amin, melalui Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata, Khairul Anwar, mengatakan, tahun lalu lantaran baru sudah pandemi, kedua agenda itu tidak dilakukan pada hari H kemerdekaan, tapi di bulan berikutnya.

“Untuk tahun ini, lomba Bidar Tradisional dan Perahu Hias akan dilaksanakan pada 19 Agustus,” katanya, Kamis (3/8/2023).

Lantaran sudah menjadi ciri khas Kota Palembang, maka Bidar tidak akan lepas dari momen bersejarah Indoenesia di Kota Pempek ini.

“Makanya tiap hari kemerdekaan, kecuali saat pandemi, bidar ini selalu ada, karena ini sudah dilestarikan sejak zaman dulu,” kata Khairul.

Tahun lalu event ini ramai penonton dan bahkan diresmikan secara langsung oleh Gubernur Sumsel Herman Deru.

“Lomba parade perahu hias ini untuk memperkenalkan kepada para wisatawan lokal maupun asing, bahwa nenek moyang kita dulu menggunakan perahu sebagai alat transportasinya,” katanya.

Dalam lomba ini biasanya tampak berbagai perahu peserta yang berpartisipasi dihias dengan ragam konsep atau tema yang beragam dan menarik. Tentunya dengan tetap mengedepankan kearifan lokal.

“Bagi yang berminat daftar bisa ke Dinas Pariwisata Kota Palembang. Saat ini kita masih proses sosialisasi lomba ini ke masyarakat,” pungkasnya Khairul. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed