oleh

Perkuat Logistik Kebencanaan, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Imbau Siagakan Bantuan Untuk Masyarakat

SUMSELKITA.COM, Palembang – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengingatkan seluruh jajaran di Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota untuk memperkuat ketersediaan bantuan logistik kebencanaan. Ini dilakukan sebagai salah satu bentuk kesiagaan pemerintah dalam membantu masyarakat terdampak bencana.

“Dengan kesiapan ini diharapkan dapat memberikan rasa nyaman kepada masyarakat dari ancaman bencana,” ucap Fatoni usai menghadiri kegiatan Peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023 di Hotel Aryaduta Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (14/12/2023).

Selain mengadakan apel rutin kesiapsiagaan bencana dan meningkatkan infrastruktur drainase, Fatoni menilai ketersediaan bantuan logistik yang cukup juga sangat penting. Ini dilakukan guna jika nantinya terdapat masyarakat terdampak, maka pemerintah dapat dengan sigap mendistribusikan bantuan tersebut.

“Upaya kesiapsiagaan perlu dilakukan untuk mengetahui kesiapan personel dan peralatan dan logistik sebagai bagian dari upaya pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana,” kata Fatoni.

Senada dengan Fatoni, Kepala Dinas Sosial Sumsel Mirwansyah menegaskan sejak jauh hari pihaknya telah mengalokasikan bantuan tersebut melalui pos Anggaran Bencana dalam APBD Sumsel tahun 2024. Ini dilakukan sebagai bentuk kesiapan dan antisipasi jika terjadi bencana banjir, tanah longsor, gempa, puting beliung dan bencana alam lainnya.

“Sejauh ini kita telah siapkan stok logistik bantuan berupa sembako dan bantuan sandang. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan kita akan salurkan kepada warga yang terdampak bencana,” kata Mirwansyah.

Diungkapkannya, pos anggaran bencana tersebut tidak hanya dianggarkan melalui APBD Provinsi melainkan juga dianggarkan oleh Kabupaten/Kota melalui APBD masing-masing daerah.

“Kita juga terus koordinasi dengan semua pihak termasuk Dinas  PUPR dan Baznas  serta Kabupaten/kota  jika terjadi bencana yang membutuhkan penanganan segera utamanya terkait.dengan logistik dan sandang,” tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed