oleh

Herman Deru Inginkan Pemprov Sumsel Adakan UKW bagi Wartawan Sumsel

SUMSELKITA.COM, Palembang – Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru membuka Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Lembaga Penguji Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta di Hotel Aston, Palembang Jumat (25/06/2021)

Dalam sambutannya HD menyampaikan Kompetensi Wartawan mutlak diperlukan agar Wartawan baik online maupun cetak dapat memiliki Kompetensi dan sertifikasi berdasarkan kemampuan keahlian masing-masing dalam menyajikan berita.

“Dalam menyampaikan berita yang memiliki Sumber yang sama, tentu dalam penyampaian dan penyajiannya berbeda setiap Wartawan. Ada yg menggunakan bahasa hiperbola, ada yang daftar saja tergantung gaya penulisan. Jadi setiap Wartawan harus tau Kompetensi apa yang ada pada dirinya. Keahliannya menulis di bidang apa saja” ujar HD.

Dilanjutkan HD, kerjasama antara Wartawan, media dan pemerintah daerah sangat penting. Karena masyarakat berhak mendapatkan informasi tentang pembangunan daerahnya dan apa saja yang telah dilakukan pemimpinnya. Untuk itu HD menginginkan kedepan perlunya kolaborasi antara Pemprov Sumsel, Diskominfo Sumsel, dewan pers dalam hal Penyelenggaraan uji Kompetensi Wartawan seluruh kabupaten/kota.

“Saya minta untuk UKW dapat diadakan oleh Pemprov Sumsel. Dinas terkait dapat menganggarkan dan bekerjasama dengan Dewan Pers. Agar semua Wartawan di Sumsel dapat komoeten.

Ketua Dewan Pers Jamalul mengatakan
UKW dibutuhkan agar ada tolak ukur dalam menentukan profesi wartawan. Saat ini Dewan Pers melakukan Sertifikasi wartawan dan Verifikasi media, dimana saat ini banyak yang mengaku Wartawan tanpa ada media yg jelas.

Sedangkan Agung Prabowo dari UPN Yogyakarta mengatakan tingginya minat dan kesadaran Wartawan terhadap Kompetensi terbukti dengan jumlah Wartawan yang melamar sebnayak 80 orang. Karena keterbatasan kuota hanya 54 peserta saja yang dapat mengikuti UKW.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed