oleh

Herman Deru Salurkan Bantuan Modal Bagi Pemilik Warung Rumahan Dalam Kota Palembang

Sumselkita.com, Palembang – Berbagi upaya dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat utamanya bagi kalangan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui pemberian modal melalui program Warung Rumah (Warmah) yang dilaunching oleh Gubernur Herman Deru bertempat di Griya Agung Palembang, Jumat (1/4) pagi.

Program Warmah tersebut dilakukan Pemprov bekerjasama dengan Gerakan Cinta Rakyat (Gencar),  untuk tahap awal secara simbolis membagikan 200 paket sembako sebagai bantuan modal, dari total 1000 pemilik warung rumah yang akan  mendapatkan bantuan dengan diberikan secara bertahap.

“Meskipun tidak teranggar di APBD, Saya mengajak perusahaan-perusahaan besar untuk terlibat langsung memberikan bantuan modal diperuntukan bagi saudara-saudara kita yang mempunyai usaha  warung rumahan,” kata Herman Deru saat memberikan sambutan dalam launching Warmah Gencar kali ini.

Lebih lanjut Herman Deru berencana akan memberikan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga 3 persen yang akan disubsidi Pemprov yang diperuntukan bagi mereka yang memiliki warung rumahan.

“Nanti akan kita berikan dana KUR untuk kalian yang punya warung manisan dengan bunga yang rendah, dan tiga persen akan disubsidi pemerintah tanpa agunan. Agunannya dengan hannya mempunyai warung usaha saja,” imbuhnya.

Menurutnya, para pelaku UMKM adalah salah satu penunjang dalam pemulihan ekonomi daerah karena itulah dirinya merasa bantuan yang diberikan tersebut suatu hal yang wajar.

“Pada pandemi dua tahun belakangan yang paling terlihat dalam menunjang ekonomi daerah maupun negara adalah para pemilik UMKM, karena itu bantuan ini suatu hal yang wajar dan saya apresiasi juga Gencar dan jajarannya,” ucapnya.

Dia juga berharap, program Warmah ini dapat ditiru dan diterapkan di Kabupaten dan Kota di Sumsel.

“Niat  yang tulus ini bisa juga kita ajak para Bupati dan Walikota di Sumsel,” harapnya.

Diakhir sambutannya, dia berharap gencar terus mengedepankan rakyat dan melakukan evaluasi dengan turun ke lapangan  sehingga lebih mengetahui keperluan rakyat.

“Saya bangga dengan kalian karena berhasil mengajak para orang-orang besar terlibat dengan memberikan bantuan-bantuan. Karena itu untuk Gencar, Saya minta lakukan evaluasi dan turun ke lapangan agar nantinya lebih paham keinginan rakyat,” pungkasnya.

Sementara itu Carmah selaku Ketua Gencar Sumsel menyebut program Warmah dibuat untuk pemulihan ekonomi daerah melalui para pelaku pemilik warung manisan khususnya di Palembang.

“Didalam Warmah ini Pak Gubernur memberikan bantuan sembako sebagai modal bagi pemilik warung rumahan, sebagai upaya kita semua bangkit dari pandemi Covid-19,” kata Carmah.

Dalam kesempatan itu pula, dia selaku Ketua Carmah Sumsel berterima kasih kepada Gubernur yang berkenan memberikan bantuannya kepada masyarakat melalui Gencar.

“Kami juga ingin mengucapkan terimakasih kepada Pak Gubernur yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat, Kami doakan agar tetap amanah dan terus menebar kebaikan,” tuturnya.

Dia menyebut Gancar dalam waktu dekat ini akan  melaunching Warmah di Kabupaten/kota  di Sumsel.

“Dan kami juga akan mengajak para Bupati/Wako di Sumsel untuk melaunching program yang sama,” tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed