oleh

Wawako Fitrianti: Palembang Aman Kasus PMK

SUMSELKITA.COM, PALEMBANG – Kasus Penyakit Kuku dan Mulut (PKM) pada hewan khususnya sapi di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, menurun.

Hal ini dikemukakan Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, saat sidak bersama BBPOM di peternakan sapi Nurul Farm, Kecamatan Ilir Barat Satu, Rabu (6/7/2022).

“Kita dapat informasi dari peternakan Nurul Farm bahwa hampir 100 hewan sapi kena penyakit. Namun, kita pastikan sekarang hewannya telah sembuh semua,” ujar Fitrianti.

Karena itu, dia mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir membeli daging sapi. Terutama bagi yang mau berkurban, menjelang H-5 Iduladha.

“Masyarakat tidak perlu khawatir untuk membeli hewan. Karena seluruh peternak dalam pengawasan pemerintah Dinas Peternakan kota Palembang,” ujar Fitrianti.

Ia juga meminta pemilik peternakan bersikap jujur dan tidak menutup-nutupi jika ada hewan yang terkena PMK.

“Kalau memang ada hewan yang terkena penyakit, tolong sampaikan saja apa adanya. Karena, untuk hewan kurban tidak boleh. Hewan kurban harus kondisi sehat,” kata Fitrianti.

“Bagi yang melaksanakan pemotongan hewan kurban, bisa melapor atau juga mengundang Dinas terkait untuk melakukan cek terhadap hati hewan kurban,” Fitrianti menambahkan. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed