oleh

83 Persen Jalan Kota Palembang dalam Kondisi Mantap

SUMSELKITA.COM, PALEMBANG – Kondisi ruas jalan di Kota Palembang 83 persen mantap.

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Pengerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang, Ir H Ahmad Bastari ST, MT, IPM, .

“Alhamdulillah, dari 1400 ruas jalan di Kota Palembang yang menjadi kewenangan pemerintah Kota Palembang sudah 83 persen dalam kondisi mantap. Sisanya hanya 17 persen akan kita lakukan perbaikan dan peningkatan di anggaran tahun 2022-2023. Insya Allah target kita tahun depan lebih dari 90 persen,” ujar Bastari, Jumat (8/7/2022).

Ia melanjutkan, Pemkot Palembang juga dapat Bantuan Gubernur untuk perbaikan jalan provinsi dan bantuan dari Balai Besar untuk jalan nasional.

Bastari menyebutkan, realisasi perbaikan melampaui target dari RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) yang telah ditetapkan yakni 73 persen.

“Tapi, melalui Bantuan Gubernur dan Dana Alokasi Khusus (DAK), alhamdulillah bisa mencapai 83% dan melampaui target,” kata Bastari.

Ia menyampaikan, total ruas jalan kota ada 690 km, jalan Provinsi 93 km dan jalan Nasional panjangnya 110 km.

Dari total panjang ruas jalan Kota, 567 dalam kondisi baik atau 83% sisanya hanya 17% saja yang membutuhkan peningkatan jalan.

Untuk anggaran tahun ini APBD sebesar Rp120 miliar, kemudian Bantuan Gubernur Rp47 miliar dan DAK Rp6 miliar.

“Target 2023 kita bisa mencapai 90 persen,” kata Bastari lagi.

Untuk ruas jalan yang menjadi prioritas, Bastari menambahkan, yakni jalan yang dilintasi kendaraan umum, jalan yang menuju pusat-pusat kegiatan, seperti sekolah, pemerintahan dan pusat-pusat ekonomi jalan menuju pemukiman penduduk.

“Ini yang menjadi prioritas utama kami. Yang sudah jalan saat ini juga ada di Jalan Sulaiman Amin dan Talang Buruk lanjutan, kemudian kontrak di akhir Juli Jalan KH Azhari dan Tanjung Harapan dan ruas jalan yang tersebar di Kota Palembang,” Bastari menerangksn. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed