oleh

Berkunjung ke Palembang, Menparekraf Sandiaga Uno Beri Tips Sukses dalam Usaha

SUMSELKITA.COM,PALEMBANG – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahudin Uno, berkunjung ke Kota Palembang dalam rangka menghadiri acara Sarasehan Pelaku Ekraf Kota Palembang.

Acara tersebut berlangsung di Rumah Dinas Walikota Palembang, Rabu (14/9/2022).

Dalam hal ini, Sandi sedikit menceritakan jatuh bangunnya saat memulai usaha.

“Dulu sebelum seperti sekarang, saya pernah kehilangan penghasilan saat bekerja. Terus habis itu turun peringkat dari karyawan menjadi seorang pengangguran,” ujarnya.

Setelah kehilangan pekerjaan, dirinya memulai usaha pada usia 28 tahun dan hanya ada 3 karyawan.

“Alhamdulillah dari 25 tahun lalu saya memulai usaha, awalnya saya hanya memiliki 3 karyawan saja dalam usaha saya. Saat awal usaha saya menggunakan pola ekonomi kreatif, karena itulah usaha saya bisa membuka lapangan pekerjaan. Dan sampai saat ini bisa mempekerjakan 30 ribu karyawan di seluruh Indonesia,” ujar Sandiaga.

Tak hanya itu, Sandi juga membeberkan beberapa tips untuk mencapai sukses dalam usaha.

“Mau sukses? Pertama: inovatif, adaktif, dan kolaboratif. Kedua: berani mengambil risiko. Ketiga: jalin relasi dan networking. Ekonomi berbasis silaturahim, karena silaturahim itu memperpanjang umur dan memperluas rejeki,” bebernya.

Ia mengatakan, Indonesia saat ini sedang menjadi pusat perhatian dunia. Kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Ada beberapa hal yang perlu segera dilakukan. Sandiaga menyebutnya dengan 3 G.

Pertama Gerak cepat (Gercep). Kedua adalah Gerak bersama (Geber), harus bergandengan tangan, tidak bisa sendiri-sendiri. Ketiga Garap Semua Potensi Online (Gaspol).

“Semua harus digitalisasi. Sekarang sudah ada perbankan, kita bisa pakai Qris, payment, yang sangat memudahkan kita.”

Sandi mengatakan jika di tahun 2024 lapangan pekerjaan baru harus mencapai 4,4 juta. “Kita melihat tugas dari bapak Presiden yang ingin menciptakan 1,1 juta lapangan kerja dari sektor ekonomi kreatif, nah di 2024 4,4 juta lapangan kerja baru,” ujar Sandiaga.

Wali Kota Palembang, H. Harnojoyo menyambut akan kehadiran serta niat baik dari Sandiaga Uno itu sendiri.

Menurutnya, kehadiran Sandiaga Uno dinilai menjadi suatu motivasi, khsusunya bagi seluruh UMKM di kota Palembang agar dapat kembali bangkit pasca Pandemi.

“Mudah-mudahan atas kehadiran beliau, ini bisa menjadi motivasi bagi kita semua,” ujar Harnojoyo. (*)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed