oleh

Ditpamobvit Polda Sumsel Ajak Masyarakat Jaga Keamanan Objek Vital Nasional, Ada Apa?

 100 total views,  2 views today

SUMSELKITA.COM, PALEBANG – Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit) Polda Sumatera selatan meminta seluruh unsur masyarakat untuk bahu membahu menjaga keamanan objek vital nasional.

Pengamanan itu meliputi pengamanan kawasan tertentu, pengamanan VIP, pengamanan pariwisata, pengamanan berlingkup nasional maupun internasional dalam batas kewenangannya.

Direktur Pamobvit Polda Sumatera selatan Kombes Mirzal Alwi, SIK melalui Kasubdit Waster AKBP Edy Nugroho, SE mengungkapkan, peran serta dan dukungan masyarakat dalam pengamanan obyek vital nasional merupakan salah satu bentuk dukungan untuk keberlangsungan perekonomian secara nasional.

“Objek vital nasional adalah kawasan, lokasi, bangunan, instalasi atau usaha yang menyangkut hajat hidup orang banyak, kepentingan negara atau sumber pendapatan negara yang bersifat strategis,” jelas Eddy Nugroho, Kamis 1 Desember 2022.

“Sedangkan objek tertentu adalah kawasan, lokasi, instalasi atau usaha yang dikelola oleh negara atau swasta dan bukan merupakan obvitnas namun diamankan oleh anggota Polri atau oleh pengamanan internal,” imbuhnya Polda Sumatera selatan.

Edy mengungkapkan, obvitnas dan objek tertentu dapat berupa industri, instalasi, perhubungan, pertambangan dan energi, gedung perkantoran pemerintah, kawasan wisata dan lembaga negara.

“Gangguan kriminalitas dari orang tidak bertanggungjawab terhadap obvitnas dan objek tertentu dapat menggangu perekonomian dan pendapatan negara serta daerah. Sehingga menjadi penting untuk semua elemen masyarakat turur mendukung memberikan pengamanan,” ujarnya.

Edy menyampaikan bahwa Dirpamobvit menegaskan seluruh obvitnas dan obter dapat menerapkan Sistem Manajemen Pengamanan yang terstandar yang bisa diterapkan kepada seluruh obvitnas dan obter.

hal ini guna meminimalisasi resiko maupun dampak yang terjadi baik tataran situasi normal maupun situasi kontijensi melalui risk manajemen dan penyusunan konfigurasi pengamanan.

Mantan Kepala BNN Kota Lubuklinggau ini juga menjelaskan, peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan obvitnas dan objek tertentu, salah satunya dapat melaporkan berbagai aksi tindak kriminalitas atau aksi pengerusakan yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab.

“Kami sadari bahwa Ditpamobvit Polda Sumsel tidak dapat bekerja sendirian dalam memberikan pengamanan terhadap obvitnas dan objek tertentu, tapi perlu dukungan dan bantuan seluruh elemen masyarakat. Jika kita tidak perduli, lalu siapa lagi? Jadi kami sangat mengharapkan dukungan tersebut,” tutupnya.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed