oleh

Andil Besar Herman Deru Antarkan Sumsel Raih Peringkat I Provinsi Terinovatif di Ajang IGA Award 2023

SUMSELKITA.COM, Palembang – Provinsi Sumsel kembali mengukuhkan diri sebagai Provinsi terbaik di Indonesia. Ini terbukti dengan dinobatkannya Sumsel sebagai Peringkat I Provinsi Terinovatif Tahun 2023 di dalam ajang Innovative Government Award (IGA) Award oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Selain mendapat penghargaan peringkat I kategori Provinsi Terinovatif, Sumsel juga mendapatkan penghargaan kategori Skor Tertinggi Regional I atau se-Pulau Sumatera.

Pencapaian terbaik di tahun 2023 ini tentunya tak lepas dari kerja keras yang sistematis dan kekompakan OPD di Pemprov Sumsel di bawah kepemimpinan Gubernur Sumsel periode 2018-2023 H. Herman Deru sejak awal tahun. Bahkan secara berturut-turut Sumsel juga selalu masuk tiga besar Provinsi Terinovative dalam ajang IGA Award tahun 2021, 2022 hingga puncaknya tahun 2023 menjadi Peringkat I Provinsi Terinovative mengalahkan beberapa Provinsi besar lainnya di Indonesia.

Program-program unggulan besutan Gubernur Herman Deru tak dipungkiri memberikan andil besar dalam pencapaian peringkat I Provinsi Terinovative tersebut. Mulai dari Program Sumsel Tanggap dari Dinas Kesehatan hingga Program inisiasi murni dari Gubernur Herman Deru yakni Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP). Selain inovasi-inovasi tersebut, tercatat pada tahun 2023 telah ada 214 inovasi baru yang dikeluarkan dan di antaranya menjadi program unggulan. Ini membuktikan bahwa kondisi iklim inovasi di Sumsel terjaga dengan baik.

Pada saat presentasi Kepala Daerah dalam rangka penilaian Innovative Government Award (IGA) 2023 yang diselenggarakan Kemendagri secara virtual dari Griya Agung, Selasa (25/9) malam, Gubernur Sumsel periode 2018-2023 Herman Deru memaparkan dua program inovasi unggulannya. Kedua program unggulan tersebut yakni Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) dan Aplikasi Sumsel Tanggap.

Untuk menggunakan layanan ini masyarakat cukup menghubungi  nomor 119 yang akan tersambung ke layanan comand center Dinas Kesehatan dan Polda Sumatera Selatan.  Pelayanan ini sangat bermanfaat karena dapat menjangkau sampai ke pelosok desa.

Menurut Deru, ini tentu karena kerjasama yang sangat sinergi antar OPD dimana targetnya One Day One Innovation yang setiap hari harus punya inovasi. Baik itu untuk internal, eksternal hingga yang berdampak pada masyarakat.

“Pada seluruh jajaran saya selalu ingatkan penghargaan ini adalah cambuk agar kita lebih bersemangat dan inovatif lagi tentunya yang bermanfaat,” ungkapnya

Menurut Deru, inovasi adalah sebuah upaya membuat sesuatu dari ada maupun belum ada menjadi bermanfaat dan mudah.

Adapun penghargaan ini diterima langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni. Penyerahan penghargaan ini dilakukan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian kepada Fatoni di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP), Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

“Jadi Innovative Government Award itu diberikan penghargaan kepada daerah yang inovasinya itu tertinggi. Jadi tiap tahun Kemendagri itu melakukan penilaian inovasi daerah yang nilainya terbaik diberi penghargaan,” jelas Fatoni.

Fatoni mengaku bangga atas pencapaian Provinsi Sumatera Selatan yang meraih penghargaan IGA dalam kategori Provinsi Terinofatif. Menurutnya Provinsi Sumatera Selatan menduduki posisi tertinggi atas penghargaan tersebut.

Sebagai informasi, kegiatan ini turut dihadiri sejumlah pejabat, di antaranya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, Gubernur, Bupati/Walikota peraih penghargaan dan Pejabat Madya Lingkungan Kemendagri dan lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed