oleh

5 Desa Di Ogan Ilir Tertimpa Musibah Angin Puting Beliung

SUMSELKITA.COM,OGAN ILIR – Bencana angin puting beliung terjadi di Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan (Sumsel), pada hari Minggu (24/10/2021) kemarin.

Ada lima desa yang dihantam angin kencang yang memporak-porandakan rumah warga. Yakni di Desa Sungai Lebung sebanyak 20 unit rumah rusak dan 1 unit rumah di Desa Sungai Ondok.

Lalu, Desa Harimau Tandang sebanyak 4 unit rumah, Desa Maju Jaya sebanyak 2 rumah dan 3 unit rumah di Desa Sungai Lebung Ulu Ogan Ilir Sumsel.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Sumsel, Ansori mengatakan, pihaknya mendapat informasi dari BPBD Ogan Ilir, jika bencana angin putting beliung di sana.

“Pihak daerah setempat sudah mendata, jika ada korban dalam kejadian tersebut. Berdasar laporan ada 30 rumah yang rusak berat dan rata dengan tanah,” katanya, Senin (25/10/2021).

“Kondisi paling parah terjadi di Desa Sungai Lebung, di mana terdapat 20 rumah rata dengan tanah dan empat rusak berat,” kata Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Sumsel, Ansori, Minggu (25/10/2021).

Dia mengungkapkan, BPBD Sumsel sudah menyiapkan bantuan logistik untuk para korban. Karena sebelumnya, BPBD Sumsel sudah mendistribusikan logistik ke daerah-daerah sebagai cadangan jika terjadi bencana di Ogan Ilir.

Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan bersama Klimatologi dan Geofisika sejak beberapa bulan terakhir ini menemukan bahwa potensi kebencanaan di Kabupaten Ogan Ilir sangat besar.

“Khususnya bencana angin puting beliung,” kata dia. Bencana diperkirakan terjadi pada Oktober 2021 sampai triwulan pertama tahun 2022. Untuk itu diharapkan pemerintah daerah setempat aktif dalam mengingatkan masyarakat di daerahnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed