oleh

Susuri Sungai Herman Deru Bawa Bantuan Untuk Korban Puting Beliung

SUMSELKITA.COM,OGAN ILIR – Terjadinya bencana alam puting beliung yang terjadi di tiga desa dalam Kecamatan Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir, Sabtu (23/10) lalu menjadi keperihatian tersediri bagi Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru.

Guna memastikan kondisi warga di tiga desa yang terdampak bencana yakni masing-masing Desa Sungai Lebung, Harimau Tandang dan Maju Jaya. Pada Rabu (27/10) pagi, Herman Deru bertolak menuju lokasi bencana. Meski untuk mencapai lokasi Herman Deru terpaksa harus menyusuri sungai menggunakan perahu, namun tidak menyurutkan niatnya untuk bertemu dengan para korban.

“Kunjungan saya dan rombangan kesini untuk melihat secara langsung apa yang terjadi. Sekaligus membawa bantuan serta membangkitkan kembali semangat warga yang kebanyakan berprofesi sebagai petani. Kita bisa lihat bagaimana kuningnya padi yang tadinya lahan rawa, maka itu kita akan berikan stimulan agar bisa meningkatkan ekonominya,” kata Herman Deru disela-sela meninjau lokasi terdampak angin uuting beliung di Dusun 4 Desa Sungai Lebung.

Dikesempatan ini mantan Bupati OKU Timur dua periode ini juga mengapresiasi reaksi cepat Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir bersama dengan pihak terkait seperti BPBD Provinsi, TNI/Polri atas kesigapannya dalam menjaga kondusifitas wilayah pasca bencana puting beliung itu terjadi.

“Saya datang membawa bantuan sejumlah bantuan sembako, obat-obatan, masker. Untuk merenkonturksi atau membangun kembali rumah yang rusak saya akan memberikan stimulan Rp 5 juta persatu rumah,” imbuh Herman Deru.

Herman Deru menilai wilayah sekitar termasuk daerah yang subur dibuktikan dengan tingginya produktivitas petani setempat khususnya Desa Sungai Lebung yang telah aktif dalam mendongkrak Sumsel lumbung pangan.

“Untuk itu beberapa tahun belakangan ini Pemprov Sumsel melalui Bangubsus telah memberikan bantuan guna menormalisasi anak-anak sungai disekitar sini agar dapat mengatur debit air sehingga daerah ini makin produktif, syukur-syukur bisa dua kali panen dalamn satu tahun,” harapnya.

Secara khusus Herman Deru mengharapkan para Kepala Desa bersama dengan petani untuk menjaga kelestarian sungai sebagai sumber pengairan pertanian sekaligus sebagai alar transportasi warga.

“Saya minta kades dan para petani agar menjaga kelestarian sungai ini,” tutupnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Ogan Ilir, H Ardani mengucapkan terima kasih atas kepedulian dari Gubernur Herman Deru terhadap warganya yang terkena bencana. Ardani menyebut Dusun 4 Desa Sungai Lebung baru pertama kali inilah dikunjungi Gubernur.

“Mudahan- mudahan dari kunjungan Pak Gubernur kesini akan banyak bantuan yang kita dapatkan untuk membangun Kecamatan Pemulutan Selatan khususnya Dusun 4 Desa Sungai Lebung,” ucap Ardani.

Ardani merinci setidaknya ada 30 unit rumah yang rusak terdampak dari bencana Puting Beliung beberapa hari lalu. Dari jumlah tersebut 20 rumah rata dengan tanah, 10 unit rumah rusak berat sisanya rusak ringan. Alhamdulilah tidak juga ada korban jiwa,” lapornya.

Ardani mengusulkan pada Gubernur agar wilayah sekitar dibangunkan jalan setapak mengingat selama ini lalulintas warga hannya mengandalkan jalur sungai.

” Jadi masyarakat disini memang menggunakan transportasi perahun ketek. kedepan kami meminta kepada Pak Gubernur memberikan bantuan untuk jalan setapak sehingga masyarakat beralih menggunakan sepeda bemotor,” tutupnya.

Sejumlah warga mengucapkan terimakasih atas kedatangan Gubernur Herman Deru di Dusun 4 Desa Sungai Lebung. Vera satu dari sekian banyak yang menjadi korban mengaku pasca kejadian dirinya sangat mengharapkan bantuan sebab barang milinya nyaris habis dibawa terbang angin puting beliung.

“Terimokasih nain pak gubernur sudah datang memberikan bantuan,” ucapnya dengan nada haru.**

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed