oleh

Abah Toyib Berpulang, Ratu Dewa: Beliau Sosok yang Mengayomi

 32 total views,  2 views today

SUMSELKITA.COM, PALEMBANG – Inna lillahi wa inna ilahi rojiun. Masyarakat Kota Palembang berduka. Tokoh masyarakat sekaligus tokoh pemuda, HM Toyib Akil meninggal dunia hari ini, Rabu (1/3/2023).

Sejumlah pihak menyampakan bela sungkawa atas berpulangnya pria yang lebih dikenal dengan nama Abah Toyib itu. Tak terkecuali Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa.

Almarhum Abah Toyib tutup usia dalam usia 78 tahun pada pukul 07.30 WIB di Rumah Sakit RK Charitas Palembang, Rabu 1 Maret 2023.

Dalam pandangan Ratu Dewa, Abah Toyib merupakan sosok yang kebapakan, mengayomi dan memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi.

“Saya kenal betul beliau sangat mengayomi masyarakat. Bahkan suatu ketika saya pernah diundangnya untuk bermain badminton. Saat saya bermain dia menunggui saya hingga selesai main sampai jam 12 malam,” ungkap Dewa mengenang kebersamaannya Rabu (1/3/2023).

Diakui Dewa, ia sudah lama mengenal Abah Toyib, bahkan Ketika ia masih menjadi mahasiswa semester dua. Sebelum Abah Toyib meninggal seperti punya firasat. Saat itu ia baru pulang kantor.

“Entah kenapa kemarin terlintas wajahnya di benak saya. Saya spontan langsung hadir tempat beliau. Saya kirim pesan melalui WA kepada anaknya, dapat kabar Abah Toyib di ruang Elisabeth nomor 9, dan saya langsung ke sana,” bebernya.

Di sana Ratu Dewa disambut istri Abah Toyib.

“Ketika saya disana, istrinya memberi tahu kepada beliau bahwa Ratu Dewa hadir. Beliau sempat menggerakan matanya dan mau berbicara dengan saya, tetapi suaranya sudah serak tidak bisa. Tapi yang saya tangkap satu hal beliau tahu kehadiran saya,” ujar Dewa.

Selain pernah mengidap penyakit jantung, lanjutnya, Abah Toyib juga ada obesitas sehingga jika beraktivitas sering menggunakan alat bantu tongkat untuk berjalan.

Dewa mengajak masyarakat untuk mendoakan Abah Toyib dan semoga Husnul khotimah. “Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Allah.” (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed